Rhythmbox di Debian

Wah puas banget bisa mainan Rhythmbox 0.9.6 ini, gimana nggak puas lagu di server sebanyak 7575 file lagu, bisa di puter langsung tanpa perlu copy, nge-mount (pokoknya yang ribet-ribet dech). Tinggal buka Rhythmbox maka semua komputer di satu jaringan bisa ngeguka lagu di server itu, wah gila banget.

Pertama di coba di komputer Mac 0SX tapi yang versi Intel, ternyata bisa jalan. O ya sebelumnya di server newfs kami (server yang berisi file-file baik film, music, software, driver, ISO, ebook, dll) telah di install firefly sebagai media server yang mengatur.

Terus di sisi klien tinggal pake iThunes (untuk client Mac), iThunes for windows (untuk client Windows), Rhythmbox (untuk client Debian atau Linux). Tapi ada syarat-nya,kita tidak bisa langsung connect ke media server-nya kecuali kita masih dalam 1 jaringan.

Misalnya :

Server kita berada pada salah satu komputer di jaringan 203.135.67.0/24 misalkan dengan IP : 203.135.67.4/24 maka komputer di dalam jaringan itu tinggal menjalan aplikasi client-client di atas maka seluruh daftar yang di list di firefly akan otomatis masuk ke list di playlist aplikasi client kita.

Terus masalahnya gimana kalau kita tidak berada dalam satu jaringan itu. Ternyata bisa di atasi yaitu pake RendezvousProxy, dimana ini kayak membuat proxy local untuk IP jaringan local yang nanti memforward ke server yang akan di tuju

Misalkan :

Seperti ilustrasi di atas, dengan IP server juga sama dengan atas tetapi kita memiliki jaringan local di dalamnya misalkan 192.168.10.0/24, maka salah satu komputer di jaringan tersebut harus menjalankan RendezvousProxy yang menuju ke IP server 203.135.67.4/24 setelah itu semua komputer di jaringan 192.168.10.0/24 yang menjalankan aplikasi client yang di sebutkan diatas akan mendapatkan broadcast media server dari IP 203.135.67.4/24 .

Gimana asyik-kan, nach kalau para pembaca ada yang hidupnya di kampus atau sering di kampus. Mungkin ada yang di kantor, atau sekolahan ada baiknya jika anda memiliki server dan memiliki data lagu atau film. Maka dapat menggunakan fasilitas ini sehingga para komputer klien tidak akan di pusingkan dengan space hard drive yang penuh karena menyimpan lagu-lagu (tidak akan mungkin lagu-lagu itu berkurang tapi pasti bertambah seiring kreatifitas manusia).

Tapi tetep ada minus-nya dech kayaknya, yaitu barang kali bakalan banyak makan bandwith tapi kalau hanya untuk jaringan local dengan jumlah komputer yang sebanding dengan bandwith yang dimiliki maka saya rasa tidak ada masalah.

Ingin tau lebih jelas buka aja di http://www.fireflymediaserver.org untuk firefly dan http://freshmeat.net/projects/rendezvousproxy/ untuk RendezvousProxy.

SELAMAT MENCOBA

Tentang syafur

aku adalah yang orang liat dan pikirkan
Pos ini dipublikasikan di debian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s