Mikrotik

Kali ini coba bahas masalah mikrotik. Baru belajar beberapa hari ini sich, and masih butuh banyak bimbingan dari orang yang lebih mantep dalam bidang ini.

Sebenarnya dulu waktu di LAB sempat di suruh belajar mikrotik, apa dan gimana caranya kita make mikrotik. Tapi sebelum sempat belajar dah keburu lulus duluan. Dah lulus, nyari kerja eh kecantol pula di ISP, di ISP ini kerjaannya ternyata nggak jauh-jauh dari Mikrotik lagi. Jadi mau nggak mau aku malah mesti belajar banyak nich.

Nich sekilas cerita tentang mikrotik dari mikrotik.co.id :

Tentang Mikrotik

MikroTikls [dengan trade name MikroTik®] didirikan tahun 1995 bertujuan mengembangkan sistem ISP dengan wireless. MikroTikls saat ini telah mendukung sistem ISP dengan wireless untuk jalur data internet di banyak negara, antara lain Iraq, Kosovo, Sri Lanka, Ghana dan banyak negara lainnya.

Pengalaman dalam melakukan instalasi di Latvia menempa kami dengan kondisi serupa di negara-negara pecahan Uni Soviet dan negara berkembang lainnya. Berbagai pengembangan telah dilakukan hingga saat ini tersedia perangkat lunak sistem operasi router versi 2 yang menjamin kestabilan, kontrol, dan fleksibilitas pada berbagai media antar muka dan sistem routing dengan menggunakan komputer standart sebagai hardware. Perangkat lunak ini mendukung berbagai aplikasi ISP, mulai dari RADIUS modem pool, hingga sirkuit backbone dengan DS3.

MikroTik berlokasi di Riga, ibukota Latvia, dengan 50 orang karyawan. Mikrotik juga menjalankan sebuah ISP kecil, sebagai media percobaan untuk pengembangan routerOR software.

Arnis di Mikrotik IndonesiaArnis Riekstins, CTO Mikrotik, saat mengunjungi kantor Mikrotik Indonesia di Yogyakarta

Mikrotik Indonesia

Mikrotik Indonesia, dioperasikan oleh Citraweb Nusa Infomedia. Kami telah menggunakan produk-produk Mikrotik sejak tahun 2001, dan menjadi reseller resmi Mikrotik di Indonesia sejak tahun 2002.

Selain mengelola produk Mikrotik, kami juga mengoperasikan sebuah wireless ISP Citra-Net. Tenaga-tenaga teknis kami sangat familiar dan terlatih untuk melakukan konfigurasi dan pemasangan produk Mikrotik, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jaringan yang berbeda-beda.

Berlokasi di Yogyakarta, yang terkenal penuh dengan perangkan wireless dan memiliki tingkat interferensi sangat tinggi. Hambatan ini menjadikan kami sangat terbiasa dan terlatih melakukan instalasi perangkat wireless, meskipun dalam kondisi yang sulit sekalipun.

Selain mencoba untuk memenuhi kebutuhan akan produk-produk Mikrotik, kami juga selalu berupaya meningkatkan kemampuan SDM kami dalam mengoperasikan produk-produk Mikrotik dan pengetahuan akan jaringan pada umumnya. Lima teknisi kami telah mengikuti dan lulus dalam pelatihan resmi yang diadakan oleh Mikrotik. Sedangkan salah satu teknisi Citraweb : Valens Riyadi, per bulan Mei 2005 tercatat sebagai Mikrotik Certified Colsultant. Sampai bulan Juli 2005, hanya 11 teknisi di dunia yang mendapat pengakuan ini, dan Valens merupakan satu-satunya yang berasal dari Asia.

Mikrotik Certified Training Partner

Mulai bulan Januari 2006, Citraweb dipilih sebagai Mikrotik Certified Training Partner, yang dapat mengadakan training-training resmi Mikrotik. Pada akhir pelatihan, akan diadakan ujian, dan peserta yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat yang secara resmi terdaftar di Mikrotik.

Nach kebetulan nich, salah satu bagian dari perusahaanku spectrum indonesia memiliki lisensi buat ngadain training mikrotik di indonesia nich masuk aja ke training.spectrumindo.com

Oke, moga-moga bermanfaat. Selanjutnya kita bahas masalah mikrotik secara teknis (walaupun banyak mbacemnya dari forummikrotik.com ).

Tentang syafur

aku adalah yang orang liat dan pikirkan
Pos ini dipublikasikan di Networking. Tandai permalink.

8 Balasan ke Mikrotik

  1. tralala berkata:

    test

  2. Ein berkata:

    kapan ya..ada training yang gratis…tis..tis

  3. Jack berkata:

    Info yang tidak jelas…apa dan maksudnya…,bikin yang menarik dong…

  4. netha berkata:

    saya kira share tentang harga ISP nya….malah binggung ini menjelaskan tentang apaan..? malah kaya Iklan

  5. beehonz berkata:

    tolong d kasih pengertian yang jelas, biar yg awam bener2 memahami tentang mikrotik
    jgn sbg media iklan ajh

  6. dimas berkata:

    nice artikel….let’s route the world..

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s