Drupal – CMS yang keren

Membandingkan Drupal dengan CMS seperti Mambo/Joomla, WordPress, atau PHP Nuke seperti membandingkan langit dan bumi. Wow, sedemikain jauhnya? Seperti apakah hebatnya Drupal sebenarnya?

Semua CMS menawarkan fleksibilitas tetapi Drupal menawarkan hal yang lebih. Beberapa keunggulan Drupal dibandingkan dengan Mambo/Joomla dan WordPress adalah:

  1. Multi Sites. Secara built-in Drupal mendukung pembuatan multi sites, fitur ini tidak terdapat pada Joomla maupun WordPress.
  2. Forum. Secara built-in Drupal memiliki kemampuan membuat Forum.
  3. Cascading Comment. Secara built-in Drupal mendukung komentar bertingkat (bukan flat). Sehingga mudah untuk membaca sebuah komentar ditujukan kepada komentar yang mana.
  4. Multi content type. Ini adalah kemampuan built-in Drupal yang luar biasa. Artinya anda dapat membuat jenis konten khusus untuk berita, produk dan artikel misalnya. Ini benar-benar jenis kontent bukan sekedar pengkategorian!
  5. Unlimited Cascading Category. Joomla hanya mendukung kategori 1 tingkat saja, Joomla tidak dapat membuat sub kategori berikutnya. Secara built-in kategori Drupal mencapai level tak terbatas!
  6. SEO, website-website Drupal terkenal karena SEO-nya yang handal.
  7. Template yang fleksible. Bagaimana caranya anda mengubah bentuk/layout sebuah form isian? Drupal menyediakan template yang sangat fleksibel dan mudah untuk dipelajari.
  8. Profile. Profile adalah kemampuan built-in Drupal yang mengagumkan juga. Anda dapat menambah field seperti Nomor KTP, Alamat, Tanggal Lahir dan sebagainya saat user mengisi form registrasi! Kemampuan ini tidak ada di Joomla maupun WordPress.
  9. Drupal memilih JavaScript Library jQuery secara konsisten. Sedangkan Joomla dan WordPress berganti-ganti menggunakan jQuery dan Mootools.
  10. Masa depan yang tidak jelas pada Mambo/Joomla.
    1. Sejak 12 Oktober 2006, Joomla 1.5 Beta1 diluncurkan dan sampai 6 Oktober 2007 baru masuk 1.5 RC3. Jadi selama 1 tahun belum kelar-kelar juga!
    2. Sedangkan Drupal 4.7.0 muncul pada 1 May 2006 (sudah menyertakan fitur AJAX!) dan 5.0 pada 15 Jan 2007, hanya 6 bulan saja. Bahkan Drupal 6 Beta 1 muncul pada 15 Sep 2007 dan Drupal 6 Beta 2 pada 17 Okt2007, hanya 1 bulan saja! Padahal Drupal 6 membawa fitur baru berupa Multi Languages yang semakin membuat Drupal hebat.
  11. Dukungan developer pada Drupal semakin banyak saja. Dan tidak sedikit jago-jago Joomla beralih ke Drupal terutama di negara-negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa utama. Hal ini disebabkan karena kemampuan multi languages pada Drupal. Bahkan sejak Drupal 5 karena module i18n merupakan cikal bakal multi languages pada Drupal 6!
  12. CCK (Content Creation Kit). Ini adalah salah satu killer feature-nya Drupal. Cuma Drupal yang menyediakan module yang sedemikian praktisnya sehingga anda dapat membuat aplikasi slide show, gallery, buku tamu bahkan sampai e-commerce dengan bantuan CCK ini! Dipadu dengan module Views yang semakin memudahkan website Drupal melayani kebutuhan tampilan yang dapat dikustomisasi sendiri oleh user tanpa coding sedikitpun!
  13. Hook System. API pada Drupal menggunakan system hook yang terbukti ampuh. Dengan mudah kita dapat menyuntikkan (hook) sesuatu pada bagian kontent tertentu misanya. Dengan system WEIGHT pada setiap elemennya membuat saya mudah memposisikan sebuah elemen baru pada Drupal!
  14. News Aggregator. Fasilitas built-in sangat memudahkan RSS Feed pada website Drupal.
  15. User Define Menu. Secara built-in Drupal memiliki kemampuan untuk membuat menu-menu baru bahkan secara bertingkat!

Itu tadi saya peroleh dari www.drupal-id.com, keren banget. Ternyata ada yang lebih keren dari mambo atau joomla.

Nb: Padahal aku juga belum pernah nyoba sich🙂

Tentang syafur

aku adalah yang orang liat dan pikirkan
Pos ini dipublikasikan di sembarang. Tandai permalink.

9 Balasan ke Drupal – CMS yang keren

  1. sidhi berkata:

    Anda mempromosikan drupal, tp site anda menggunakan wordpress, lha gimana…

  2. sam berkata:

    hai…
    aku mau tanya, itu free juga ya, apa enggak. boleh dong aku minta sofwarenya, aku mau belajar nih.
    makasih ya untuk infonya.

  3. syafur berkata:

    to @ sam :
    iya drupal itu free seperti juga mambo sama joomla.
    untuk softwarenya bisa di download di http://drupal.org/download

    to @sidhi :
    saya cuma ingin membagi informasi, trus kenapa saya tidak memakai drupal karena tidak bisa cari gratisan dengan syafur.drupal.org
    terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

  4. setia.mj berkata:

    wlwkwkwkwk WordPress is the best deh.

    bukan CMS-CMS open source always da best.

  5. lukman berkata:

    drupal emang top banget, say juga pake tuh..di http://www.cikarangshop.com

  6. faris vio berkata:

    okee dech.. tapi kok banyak yang pakai wordpress ya.. dan sekarang banyak word juga yang kena hack.. hehe

  7. abuqonita berkata:

    thank infonya tentang drupol, ini saya juga lagi buat web dari drupol, kesan pertama, memang keren kalau pernah belajar wordpress maka, drupol lebih canggih lagi, sayang harus install drupol di hosting, tidak ada yang gratis seperti di wordpress.

  8. NJW berkata:

    Emang keren banget, Bro. Saya berbulan-bulan pake Joomla, ga kelar-kelar. Eh, pake Drupal. Cuma beberapa minggu, langsung akrab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s