Kilomux (multiplexer sing ruwet)

Akhirnya nulis ini juga, wah rasanya agak gregetan juga sama ini perangkat. Nggak semantep cisco, makanya kurang laku. Lah perangkat ini kan memang khusus untuk multiplexer jangan di bandingin sama cisco dong🙂. Oke sedikit ulasan, Kilomux adalah sebuah perangkat Multiplexer yang di pakai sama kantor untuk aplikasi voice dan data yang meliputi DS(Direct Speech), TTY(Tele text), ER(Extended Range) dan RD(Radar Data). Aplikasi ini memang aplikasi standart yang di pakai untuk komunikasi antar bandara dan juga bandara dengan Pesawat.

Kilomux sendiri sebenarnya untuk setting tidak terlalu rumit, tapi mesti paham dulu permasalahan yang bisa di timbulkan sama penyelesaiannya. Jadi kita tidak malah membuat kilomux ini makin rusak jika salah setting. Saya sebenarnya juga tidak pinter-pinter amat menguasai alat ini, tapi karena lumayan banyak pengalaman dan sharing dengan temen ayng lain akhirnya dikit-dikit ngerti. Apalagi mesti terjun juga untuk integrasi-in perangkat ini dengan komunikasinya bandara.

Sedikit perintah untuk setting :

  1. KM2100>def agent (define IP address)
  2. KM2100>def name (define nama kilomux)
  3. KM2100>def sys (define sistem)
  4. KM2100>def ml (define mail link)
  5. KM2100>def ch j:k (define channel j=nomer_i/o dan k=nomer_channel)

Udah cuma itu aja, simpel bukan. Tapi kita mesti ngerti hal-hal kayak seperti clocknya apa, speed, async/sync-nya, interface, aplikasinya, pin-pinnya, dll yang masih banyak.Jadi gampangnya kita mesti paham apa perangkat yang mesti kita hubungkan ke kilomux ini dan memakai card apa saja. Dan tentu saja ground untuk kilomux harus bagus, karena ada aplikasi seperti DS dan ER yang sangat berpengaruh dengan ground yang bagus.

Untuk mengecek kondisi yang di utamakan adalah cek dahulu alarm apa yang keluar. Dengan alarm kita bisa tau kondisi apa yang harus di perhatikan lebih dulu seperti urutan, dari main link baru ke card yang alarm terus ke channelnya. Misal di main link, maka kita harus memastikan link udah sesuai di kedua sisi mulai dari data rate hingga clocknya. Lalu jika di cardnya maka harus di pastikan juga setting di kedua kilomux sesuai, meliputi speed dan clock juga. Yang menjadi point di sini adalah belum tentu di satu sisi alarm maka di sisi itu kerusakan terjadi. Contoh kasus di tempat A kilomux alarm untuk aplikasi DS dengan card KVF.4/FXS sedangkan di tempat B kilomux alarm sudah hilang. Pertama cek di setting di kilomux A(pastikan HW dan DB terpasang di slot tersebut dengan KM2100>dsp st sys dan dengan KM2100>def ch j:k untuk cek setting cardnya), jika tidak ada masalah langsung kita cek juga kilomux di tempat B dengan cara yang sama. InsyaAllah dengan cara ini permasalahan bisa di atasi. Jika HW tidak ada waktu pengecekan, langkah yang paling mudah card di cabut lalu di tancapkan lagi (untuk membuat kilomux meload kembali data HWnya). Jika yang berbeda masalah speed aja, maka tinggal di cocokan saja.

Sekian, semoga bermanfaat untuk yang main-main perangkat ini.

Tentang syafur

aku adalah yang orang liat dan pikirkan
Pos ini dipublikasikan di VSAT. Tandai permalink.

11 Balasan ke Kilomux (multiplexer sing ruwet)

  1. Nataly berkata:

    Just dropping by.Btw, you website have great content!

    ______________________________
    Seized Cars From $100, Boats, Real Estate, Collectibles And Jewelry. Government And Police Auctions Online

  2. iki berkata:

    saya mau melihat gambar denah indonesia

  3. syafur berkata:

    maaf, denah Indonesia ada di google ^^

  4. Mbhelendez berkata:

    Om, kalau mengenai penghantar kabel lan rj 45 dari kilomux ke perangkat er/radar/tty/ds yang direkomendasikan oleh kilomux berapa meter panjangnya ?
    Dan bagaimana mengatasi lossis yang berlebihan ?
    terima kasih atas kesempatanya …

  5. lina berkata:

    mas, laporan kape saya tentang kilomux 2100-2104
    bisa jelasin ga?? saya ga terlalu ngerti tentang instalasi sm fungsionalnya,,😥
    makasii🙂

  6. Kiki berkata:

    Mau tanya Mas, beli kilomux dimana ya Mas?

  7. dudi berkata:

    gan,klu kita pakai radio link yg menggunakan rg 45?di slot mana yg bisa kita colokkan di kilomux?trims..(kilomux 2100)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s