Kenapa kamu melakukan perjalanan..?

Setelah main-main ke OANC dan Travellers kaskus, baca-baca catper (catatan perjalanan) di dalamnya. Jadi rindu jaman-jaman SMA dulu masih banyak waktu untuk bersama teman baik di PALA maupun teman main yang bisa di ajak gila kemana-mana. Masih ingat nge-gembel ke Jogja untuk ikut Lomba Panjat Tebing Se-Jawa Bali tingkat SMA walaupun gak bisa dapat juara tapi sangat membekas atau ke pantai Teleng di Pacitan ber 4 nge gembel juga. Jalan kaki dari terminal sampai ke pantai, lumayan jauh dulu kayaknya. Trus bikin tenda sengaja di sebelah backpaker lain, trus nebeng minta makan juga. Tidur di gigit nyamuk pantai yang kecil tapi ganas. Pulang jalan kaki lagi, minta air kelapa di jalan tapi suruh metik sendiri… Bener-bener gila, tapi hati rasanya tenang dan nyaman menjalani, tanpa beban..

pantai.JPG

Ingat juga naik ke gunung kecil di ponogoro Pringgitan namanya, kalau udah sampai di deket puncak viewnya mantap pas mengarah ke kota Ponorogo.. Disini bawa persedian air dikit banget, minta air dapatnya air tadah hujan yang udah berwarna (ada jentik nyamuknya lagi, parah) tapi tetep kepakai buat masak mie instan.. Gila-gila….. Jangan-jangan ini yang bikin badan sampai sekarang gak bisa gemuk😀 . Ada juga pengalaman ikut lomba lintas alam di Caruban, gak sangka SMA ku dapat juara 1 dan merebut piala bergilir Bupati kalau gak salah..

bunaken.JPG

Itulah cerita-cerita petualangan di jaman dulu, mungkin dulu uang tidak ada. Gear pun seadanya, kalau mau jalan pun harus pinjam sana dan pinjam sini.. Dari modal itu pun kegiatan tetap dijalankan yang penting bisa kumpul dan berpetualang.. Dulu esensi dan makna dari setiap pejalanan ini belum pernah ku pikirkan, kenapa aku harus capek-capek melakukan perjalanan.. Sudah begitu, duit tidak ada.. Hal ini beberapa kali ditanyakan oleh beberapa teman.. Waktu itu aku belum bisa menjawab, cuma sebatas bisa menjawab ingin bebas, cari pengalaman baru, melihat indahnya alam ciptaan Tuhan YME.

prambanan.JPG

Jawaban itu sepertinya tidak salah, tapi apakah harus dengan melakukan perjalanan..? i don’t know

Usia mulai bertambah, teman datang dan pergi silih berganti.. Sedikit banyak dari teman dekat ini walaupun sudah tidak pernah kontak lagi tapi masih membekas di hati kenangan-kenangan dan harapannya ketika itu.. Susah mencari teman yang mengerti dan se arah pikiran (banyak teman yang bilang pikiran saya agak aneh, semoga bukan gila😀 ). Semenjak kuliah juga, kegiatan traveller ini tidak pernah terurusi.. Dan ternyata memang ada yang kurang, batin terasa kosong.. Tapi selama kuliah tergantikan oleh banyaknya teman yang sudah menjadi keluarga di perantauan, yang paling mengerti jalan pemikiran saya..

puncak.JPG

Selepas kuliah, dapat kerjaan di surabaya.. Kerjaan yang benar-benar seperti di penjara, diatur sedemikian rupa hingga liburpun tidak bisa memilih.. Ahh jengah sudah hidup seperti itu, dapat kesempatan di Jakarta langsung ambil saja tanpa pikir panjang.. Ternyata tidak jauh berbeda (inilah bentuk kolonialisme model sekarang😀 ) kita hanya di perbudak oleh materi yang ujungnya adalah uang, so enterpreneur harga mati. Tapi paling tidak di tempat kerja baru ini sedikit ada petualangan yang saya alami. Mulai dari Denpasar, Ambon, Balikpapan, Makasar hingga Manado.. Di tempat ini cita-cita semasa SMA untuk sekedar snorkeling di Bunaken kesampaian… Dari sini hasrat untuk kembali menggila itu muncul lagi ? tapi siapakah yang masih mau seperti itu ? Yang ada kalau saya mau mengajak jalan teman pasti tanya, tidur dimana?naik apa?makan nanti seperti apa? Ah sudah pasti yang ada di pikiran mereka minimal homestay yang bersih, menikmati wisata kuliner yang lezat, naik kereta minimal bisnis atau bis AC yang nyaman.

Padahal perjalanan yang ingin aku lakukan ini jauh dari hal-hal seperti itu. Ingin kembali melakukan perjalan di kapal trus ngobrol tentang pengalaman seorang nelayan di pulau seribu yang memang asli sana, atau ngobrol sama seorang penunggu pulau yang sendiri menjaga dan merawat pulau tersebut, atau ngobrol sama seorang mancing mania tulen tapi uang paspasan. Itulah pengalaman-pengalaman yang tidak bisa saya temukan kalau saya tidak mencari.. Sangat sedikit ada buku yang bisa menceritakan kehidupan mereka secara apa adanya seperti yang saya lihat.. Ingin juga kembali melihat alam secara langsung bukan hanya di foto, karena ini lah dunia saya berdiri, melihat dan mendengar… Memang pada akhirnya ini harus berkurang atau bahkan berhenti sama sekali. Tapi semoga kedepan masih banyak perjalanan-perjalanan yang bisa saya lakukan untuk tetap merasakan menginjak bumi dan berteduh di langit.. Tidak menjadi orang yang kehabisan waktu hanya mengejar materi…

Bebarapa quot orang-orang yang luar biasa :

“Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin apabila anak mudanya sering bertualang di hutan,gunung dan lautan” Sir Henry Dunant

“here can be no happiness if the things we believe in are different from the things we do” Freya Stark

“Now I see the secret of the making of the best person. It is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth.” Walt Whitman

“Kehidupan sekarang benar-benar membosankan saya. Saya seperti monyet yang dikurung didalam kebun binatang dan tidak punya kerja lagi. Saya ingin merasakan kehidupan kasar dan keras, diusap oleh angin, dingin seperti pisau, atau berjalan memotong hutan dan mandi di sungai kecil. Dan orang-orang seperti kita tidak pantas mati di tempat tidur.” (Soe Hok Gie 1969)

” Sak duwur duwure gunung, isih duwur dengkul.
Sak duwur duwure dengkul, isih duwur gundul.
Sak duwur duwure gundul, isih duwur kang MAHA LUHUR. “

Tentang syafur

aku adalah yang orang liat dan pikirkan
Pos ini dipublikasikan di Pemikiran-Ku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s